KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Mengajari Anak Berpuasa

Ujian itu bernama mengajari anak berpuasa. Saya tidak ingat pada umur berapa persisnya saya mulai berpuasa. Yang jelas berpuasa saat masih kecil dulu terasa berat karena meski saya tidak tergolong banyak makan tapi tetap saja godaan berkeliaran menggoyahkan iman.

Di Ramadan tahun ini anak saya sudah berumur 6 dan hampir 5 tahun. Sudah saatnya saya ajari mereka berpuasa. Puasa hari ketujuh ini merupakan hari kedua mereka belajar berpuasa. Terlambat? Saya pikir tidak. 

Mengajari anak berpuasa itu membutuhkan kesiapan mental yang tak sepele. Ya mental si anak, ya mental orang tua. Nah, sebagai langkah awal, saya memberlakukan peraturan sebagai berikut:

Pengalaman Pribadi Mengajari Anak Berpuasa

Gunakan sarapan sebagai sahur
Tidak ada cerita saya membangunkan anak sebelum subuh untuk ikut sahur. Tidak. Saya biarkan saja mereka terlelap seperti biasa dan bangun seperti biasa. Kenapa?

Ya karena saya belum siap mental kalau-kalau mereka rewel dan minta menu macam-macam. Padahal menu sahur saya dan suami saya apa adanya saja. Tambahan pula saya bangun satu setengah jam sebelum adzan subuh. 

Rasanya akan repot sekali kalau juga harus menyiapkan menu sahur untuk anak dengan waktu yang relatif terbatas seperti itu. 

Mungkin di kesempatan lain saat anak-anak sudah mulai bisa diajak kerja sama, saya akan ajak mereka untuk sahur di jam sahur. Mungkin tahun depan, insya Alloh. Untuk saat ini, biarlah mereka sahur di jam sarapan.

Puasa Mbedhug
Puasa mbedhug maksudnya adalah berpuasa sampai bedug luhur berbunyi saja. Sebetulnya tidak mbedhug sungguhan, soalnya saya pakai patokan jam. Ceritanya saya ingin terapkan saat adzan luhur berbuka, ternyata sulit. Ya sudahlah, beberapa menit sebelum adzan juga tidak apa-apa *ibu malas*.

Kebayang yang ginian ya, Nak?

Itu pun sudah penuh perjuangan. Rengekan, muka cemberut, percobaan curi-curi makan dan minum tetap jadi menu utama saya. Padahal baru dua hari, ya. Eh tapi ketika mereka mogok berpuasa pun saya tetap membatasi mereka dari kegiatan makan dan minum di jam puasa mereka itu. 

Yang namanya ujian ya, pas mereka tidak saya arahkan untuk puasa malah mereka cenderung tidak rewel. Sungguh, ini ujian!

Hadiah
Sebagai pemacu semangat berpuasa, saya membuat tabel daftar ibadah di bulan puasa yang terdiri dari puasa, tarawih dan ngaji. Tiap kali anak-anak berhasil menempuh satu bentuk ibadah, meski masih a la kadarnya, diberi satu tanda centang. 

Kalau tidak melakukan, satu tanda silang. 

Hadiahnya apa? 

Semula saya ingin memberikan uang dalam celengan. Satu koin untuk satu centang, tapi rupanya uang kurang riil untuk anak usia segitu. 

Jadilah saya pilih iming-iming yang lebih nyata bagi mereka: es krim satu wadah besar jika berhasil berpuasa sebanyak minimal sepuluh hari dan tambahan satu kaleng biskuit kesukaan mereka untuk minimal sepuluh centang ngaji. Ini berlaku untuk masing-masing anak.

Kok cuma sepuluh centang? Iya. Saya khawatir kalau targetnya terlalu sempurna malah jadi beban ke anak dan sayanya stres. Nggak deh. Toh mereka baru belajar. Jangan sampai proses belajar membuat mereka enggan melakukannya lagi di Ramadhan yang lain.

Kenapa tarawih tidak dimasukkan dalam daftar tindakan yang mempengaruhi pemberian hadiah? Pingin sih sebetulnya, tapi kembali lagi ke target yang diusahakan tak terlalu sempurna, saya putuskan untuk tidak melibatkan tarawih dulu tahun ini.

Cukup seragam untuk tarawih saja.

Ketahuan banget ya malesnya saya ini. Tapi sungguh saya cuma ingin agar anak-anak saya kelak berpuasa dan beribadah lain secara ikhlas lillaahi ta'ala dan istiqomah. Menilik karakter anak-anak saya, dengan ucapan basmalah saya terapkan strategi ini. Tiap anak beda-beda kan, ya? *cari pembelaan*

Itu cerita saya mengajari anak berpuasa. Kalau teman-teman, gimana strateginya? Cerita, ya. Siapa tahu bisa menginspirasi saya dan bisa saya terapkan :-)

Related Posts

14 komentar

  1. Kalo aku dulu kelas 1 MI mulai puasa Mbak Diah, tapi masih mbedug dan bolong2 pastinya alias tidak sebulan penuh. Tapi kalo traweh rajin karena banyak temennya. Maksudnya ya trawehnya anak2, ga sekhusuk yang sudah dewasa ato anak besar yg sudah jowo :D.

    Menurutku yg penting niat buat nglatih anak Mbak. Apapun caranya mereka pasti pelan2 bisa belajar. Allahu a'lam ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya mbak, bahkan di lingkungan mbak Vhoy yang lbh religius (eh betul kan ya?)

      Aaamiiin. Semoga mereka bisa menghayati dan taat.

      Hapus
  2. Raka sahurnya kadang juga msh sambil merem mb...puasa msh mbedug juga...klo sehari mungkin juga sdh kuaat....tp ayahnya blm tega....lha tubuhnya langsing gtu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi gitu ya? Lega, brarti anak-anakku masih segitu puasanya dimaklumi ya.

      Hapus
  3. Hahahaaa jadi ingat dulu puasa mbedhug asiiik

    BalasHapus
  4. tapi kok sy pernah baca artikel psikologi klw mengajarkan anak beribadah dengan mengimi-ngimingi sesuatu yang ia suka banyak manfaat negatifnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya mas? Tapi kl diiming-imingi hal yang ga disukai malah repot mas. Hehe...

      Eh maksud saya gpp, orang dewasa aja diiming-imingi surga kok sama Alloh.

      Hapus
  5. Anak saya juga berumur 6 tahun di tahun ini. Puasanya cuma sampai jam 9 mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi mulai dari jam sahur ya mak? Lega lagi deh kl gitu. Masih normal hehe

      Hapus
  6. Ssaya dulu juga sering puasa mbedug, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung dulu masih ada bedug ya mas. Kl ga ada kan repot nunggu bedugnya ga bunyi2, terus ke mesjid pukul bedug sendiri hehehe

      Hapus
  7. Aku waktu masih kecil selalu puasa setengah hari.. Huahahah.. Dasar gembul! :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mbak, asal kecilnya ga sampe umur 20 ya :-D

      Hapus

Posting Komentar