KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Mengenali Minat Dan Bakat Anak

Orang Jawa punya cara tersendiri untuk mengenali minat dan bakat anak sejak dini. Prosesinya terangkum dalam acara tedhak siten, yaitu upacara yang diadakan saat seorang anak diajar berjalan untuk pertama kalinya, di usia kira-kira 7-8 bulan. Tedhak berarti menginjak, siten berasal dari kata siti yang berarti tanah. Dalam upacara itu si anak dititah untuk menginjak jenang abang-putih (merah-putih). Ada juga yang pakai tujuh warna. Entah kenapa kok bukan tanah yang diinjak. Lebih lengkapnya bisa dicari sendiri dengan kata kunci 'tedak siten' ya.

Nah, sebelum prosesi itu ada pula prosesi dikurung. Si anak dikurung dalam kurungan ayam yang dihias cantik. Tentu saja kurungan baru lho ya...bukan kurungan bekas ayam. Di dalam kurungan itu disediakan beberapa benda. Benda yang pertama kali dipegang oleh anak itulah yang kemudian dianggap bakal menjadi profesi atau minat sang anak di masa depan. Hmm...berasa nonton film kartun Avatar Aang itu ya.

Yang dulu dapat jatah upacara beginian ini mbakyu saya sebagai anak pertama. Sedangkan saya dan adik saya tidak. Ada itu fotonya mbak saya di dalam kurungan. Lucu. Kapan-kapan kalau saya pulang ke Jogja saya cariin fotonya dan saya upload ke sini, insya Alloh.

Update: ternyata foto-fotonya disimpan di rumah mbak saya. Nggak jadi diupload deh ya. Maafkan...

Waktu itu mbak saya diberi pilihan padi, pensil atau uang. Mbak saya pilih padi. Konon, kelak mbak saya bakal dekat dengan padi yang saat itu diidentifikasi sebagai bakal jadi sarjana pertanian.

Tahun-tahun pun berlalu dan mbak saya ternyata betul jadi sarjana, tapi sarjana komunikasi bukan pertanian. Nggak ada agro-agronya sama sekali deh. Malah saya yang nyerempet eh keserempet agro. Jadi,upacara dulu itu sia-sia kah? Wallohu a'lam. Barangkali mbak saya memang berminat ke pertanian tapi bukan dengan menjadi sarjana pertanian. Yang jelas saat itu bapak, ibu dan eyang mendoakan begitu.

Nah, itu tadi soal minat. Sedangkan soal bakat, kalau saya amati, bakat seorang anak itu bisa dilihat dari kecil. Yang mencolok saya amati adalah diri saya dan mbak saya. Sewaktu masih SD, mbak saya itu tulisannya bagus. Rapi, rajin gitu. Bahkan dia pernah dapat juara di lomba menulis halus pakai huruf latin. Bukan bahasa Latin lho ya. Itu lho huruf yang sambung menyambung.

Tak heran sekarang mbak saya punya usaha di bidang rajut-merajut. Mbakat seni dia.

Ini salah satu hasil karyanya.

Sedangkan saya? Dari kecil sudah random. Nulis tidak rapi. Kaku jejeg ga ada seninya. Terus kalau disuruh nulis satu halaman satu kalimat berulang-ulang gitu, misalnya "ini ibu budi", saya nulisnys "ini" ke bawah sampai selesai. Lalu "ibu" ke bawaaah, terus "budi" juga ke bawaaah gitu. Setelah ingat itu saya jadi paham, pantesan saya ini suka nulis random. Cocoknya saya memang pegang komputer ya, tinggal copy paste, gitu. Halah.

Tapi kalau melihat masa kecil saya, saya juga paham kenapa saya ngeblog sekarang. Dulu pas masih SD saya pernah bikin surat kabar (meski cuma bertahan dua hari :-D ). Isinya berita seputar ayam dan kucing peliharaan di rumah. Jadi, berita hari ini siapa berkelahi dengan siapa, si anu makan apa, si itu telurnya menetas berapa. Memang semua kucing dan ayam di rumah dulu dikasih nama. Bahkan sempat ayam-ayam saya kasih nama keluarga. Kalau anaknya si betina A namanya pakai 'swiwi', anaknya betina B pakai 'wani'. Ih, seru kan?

Agak gedean sedikit, kelas 5-6, saya nulis novel detektip-detektipan sama teman saya. Maklum, waktu itu lagi suka Trio Detektif. Punya teman saya sudah selesai dia tulis. Pakai bolpoin lho, satu buku tulis dia selesaikan. Sedangkan saya tidak selesai. Hehe...ketahuan ya? Pantesan sekarang saya...

#

Sebetulnya mudah mengenali bakat dan minat anak sejak dini. Amati saja apa yang paling disukai anak dan yang paling mahir dilakukan anak. Bisa jadi keduanya hal yang sama, bisa jadi berbeda. Kalau sudah ketahuan, arahkan, fasilitasi dan beri target.

Misalnya anak suka membaca, beri buku yang bagus. Arahkan ke mana ia mau mempelajari ilmu apa. Berikan kepadanya target. Bukan hanya target membacanya tapi juga target kelak ia mau apakan ilmu yang diperolehnya itu. Kalau anak suka main tanah, ajari bercocok tanam sekalian. Kalau anak suka menyanyi, beri saja bacaan kitab suci biar ditirukan dan dihapalkan. Kalau anak suka menulis random, waspadalah! Segera beri dia komputer dan target untuk menyelesaikan karyanya!

Related Posts

17 komentar

  1. Novel karyanya msh ada mb? Di re-write, aja...penasaran ma isinya :-) Raka senangnya IPa ma otak-atik game mb...entahlah, msh kls 2 juga...kyaknya msh bisa berubah-ubah pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah ilang entah ke mana itu draftnya. Raka suka gambar apa? Semoga jadi arsitek nantinya.

      Hapus
  2. Aku dari kecil punya diary sendiri, Mbak.. Sekarang uda gede rada malesan buat nulis, jadi bikin blog aja. Mueheheh :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Diary zaman SD kukasih nama. SMP-kuliah suka surat-suratan sama temen pake kertas folio empat halaman bolak-balik. Ini surat apa surat kabar? :-)

      Hapus
    2. Hahah.. Hebat banget bisa nulis sampek 4 halaman gitu :D

      Hapus
    3. Emang super aneh jaman muda dulu. :-D

      Hapus
  3. Kadang pengin mengulang masa kecil anak2 spy bisa menjalani acara2 adat gini dg lengkap heheee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang masih pegang teguh tradisi biasanya gitu ya mbak. Kalau mbak Lusi sendiri dulu pake gitu nggak?

      Hapus
  4. Bntr mbak. Saya tanya mama saya dl. Dulu pilih apa ya sayanya. Enak mbak kalau dah tahu bakat minat dari kecil. Febriyanlukito.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ryan dulu jg pake dikurung gitu mas? Weh, bisa dibagi tuh ceritanya.

      Hapus
    2. Gak dikurung Mbak seinget saya. Cuma ditaruh aja bbrp barang di depan. Masalahnya saya gak ingat.
      Febriyanlukito.com

      Hapus
  5. Saya dulu milih apa ya...Emak nggak pernah cerita.
    Jangan2 jaman itu yang ada hanya onde, cermin sisir, dan uang thok
    Yang jelas saya jadi Jenderal, blogger, dan bisa menerbitkan buku
    Terima kasih atas sajian artikel yang inspiratif
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  6. mengenali bakat anak memang gampang-gampang susah ya mbak, apalagi kalau si anak suka bosenan, seperti anak saya misalnya, seneng nggambar sy masukkan sanggar lukis sampai pernah ikut pameran, habis itu gak mau les lukis lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi masih mau melukis atau menggambar kan mbak?

      Hapus
  7. mmm anakku sukanya ganti-ganti mak, suka ikut-ikutan juga, kalo dia lihat aku lagi gambar, dia gambar juga, ntar aku baca dia baca juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah minatnya banyak tuh. Ditunggu dulu kali ya mak. Lama-lama kelihatan nanti.

      Hapus

Posting Komentar