Cara Meningkatkan Page View

Tulisan ini terinspirasi dari status facebook Mbak Susi pemilik blog susindra.com yang beberapa hari lalu sedang menanti detik-detik satu juta page view (PV) blognya dan sekarang (1/5/2015) sudah tercapai. Dari screen shot yang diupload Mbak Susi tampak PV hari itu 700-an views dan PV kemarin 2.000-an PV! Subhanalloh. Terbayang bagaimana rasa senangnya punya blog ber-PV tinggi!

Nah, agar blog bisa dikunjungi banyak orang itu caranya gimana sih? Saya mencoba menjabarkan beberapa cara meningkatkan page view. Ih, memangnya saya ini siapa, PVnya saja masih memprihatinkan. Tapi karena memprihatinkan itulah saya jadi nekat menerapkan hal-hal berikut sebagai cara meningkatkan page view. A la saya tentunya ya.

Gambar dari http://zokufo.blogspot.in/2012/06/6-cara-menaikkan-page-view.html

Membuat Artikel yang Bermanfaat

Seorang blogger yang baik adalah seseorang yang senantiasa mengutamakan kualitas artikel. Untuk apa PV tinggi tapi artikel sampahlah yang mendapatkannya?

Ingat selalu pesan Pakde Abdul Cholik, ngeblog itu untuk ibadah. Kalau bagus hasilnya, kita jugalah yang memperoleh manfaatnya, kan?

Artikel bermanfaat memiliki peluang dicari dan disukai orang. Untuk itu artikel sebaiknya diniatkan untuk berbagi ilmu. Perhatikan pula bahasa yang digunakan, gambar pendukung dan usahakan minim typo. Dan bukan artikel copy paste. Kita ini blogger, bukan copaser.

Tinggalkan Komentar yang Baik

Blog walking alias berkunjung ke blog lain menurut saya adalah satu cara yang efektif untuk mendulang kunjungan balik. Tinggalkan komentar yang baik dan simpatik di blog orang lain setelah membaca isi artikel. Jangan komentar yang OOT apalagi nyepam macam "Nice info. Salam kenal." Pokoknya jadilah tamu yang baik. Kalaupun mau mengkritik, sampaikan dengan sopan.

Oya, saya paling senang kalau berkomentar di blog berplatform wordpress, sebab di bagian url di formulir komentarnya bisa 'dititipi' link artikel. Jadi kalau komentar saya diklik langsung mengarah ke artikel yang sedang saya angkat PV-nya.

Pasang Widget Popular Post

Biarkan pengunjung tahu artikel apa yang banyak dibaca di blog kita. Kemungkinan besar artikel populer dibaca makin besar, kan.

Pasang Widget Related Post

Related Post atau Artikel Terkait, sama aja, ya. Dengan memasang widget ini di akhir postingan kita akan muncul link ke postingan lain yang senada sehingga pembaca yang tertarik bisa langsung klik ke artikel lain. Nambah PV, kan? Saya sendiri pasang Linkwithin untuk keperluan ini.

Buat Read More di Artikel

Potong penampakan artikel di beranda blog dengan menambahkan Read More atau Baca Selengkapnya atau apapun namanya. Fungsi Read More ini untuk memancing orang membaca keseluruhan artikel di halaman artikelnya, bukan di beranda.

Bayangkan saja kalau artikel tidak dipasangi Read More, pengunjung blog tak perlu mengklik artikel untuk membacanya, cukup scroll di beranda saja. Nah kalau begini, kapan tambahan PV datang? Beranda itu ibarat sampul buku. Kalau isi buku sudah terbaca tuntas dari sampul, kenapa harus membuka buku untuk membacanya?

Buat Artikel Abadi

Artikel abadi atau evergreen atau long lasting article. Apa itu? Artikel abadi itu artikel yang selalu dicari orang tak peduli musim apa yang sedang berlangsung. Kalau menurut Mbak Susi, artikel abadi di blognya itu antara lain tentang craft, sinopsis film, cerita seram, tips dan wisata Jepara.Hmm...saya sudah punya berapa artikel abadi, ya?

Share di Sosial Media

Rajin-rajinlah share link artikel di facebook, twitter, G+ atau yang lainnya. Share paling efektif menurut saya adalah share di grup facebook. Ih, ketahuan saya ini facebooker, ya, hehe... Bukan apa-apa, tapi ini soal selera saja.

Kalau saya kadang-kadang share beberapa link di beberapa grup. Jadi di grup A share link yang ini, di grup B share link yang lain lagi. Kenapa? Karena teman-teman di grup-grup itu biasanya ya sama. Jadi kalau saya share link yang sama di beberapa grup berbeda sekaligus dalam waktu yang berdekatan, kayaknya kok percuma gitu. Kalaupun share link yang sama biasanya kalimat pengantarnya saya buat agak berbeda, biar tidak ketebak duluan. *padahal tetap ketebak*

Oya, kalau share di sosmed saya juga lihat-lihat kondisi si artikel. Kalau artikel untuk lomba atau giveaway sebaiknya cantumkan saja, "sekalian ngeramein GA-nya si X." Biasanya nanti ada banyak yang ngeklik. Iya apa iya??

Pernah juga artikel saya tentang Mbah Tukinem mendadak menduduki top popular post gara-gara saya share artikel itu dalam sebuah komentar di fan page parenting di facebook. Saya jadi mikir, "Oh berarti kalau bisa share di topik yang lagi hangat di fan page atau grup bisa mendongkrak PV."

Buat Target PV per Artikel

Ini yang baru-baru ini saya lakukan. Misalnya artikel A ini kalau diterawang kayaknya pantasnya dapat 50 PV. Jangan ketawa ya, target saya memang bertahap. Takut stres kalau ketinggian. Kalau belum mencapai target, buat rencana untuk menggenjot PV-nya. Bisa lewat blog walking atau share di sosmed. Cara menerawangnya gimana? Ya main feeling saja.

Manfaatkan Internal Link dalam Artikel

Internal link itu link yang mengarah ke artikel lain dalam blog kita sendiri. Contohnya begini. Saya menulis tentang lalu-lintas. Dalam artikel itu ada sebuah kata atau frase yang saya tautkan ke artikel tentang busi.Bisa link yang berkaitan, bisa juga tidak. Yang penting tampilkan link dalam kata yang menarik agar diklik pembaca.

Apalagi ya? Masih banyak sebetulnya seperti membuat artikel berseri, share di social bookmarking dan lain-lain. Tapi saya belum pernah nyoba, jadi belum bisa ditulis di sini.

Punya blog ber-PV tinggi itu anugerah hasil kerja kita. Yang sudah menikmatinya, bersyukuuur. Yang belum (kayak saya), terus berusaha. Tapi jangan juga terlalu ngoyo nanti ngeblognya jadi terbebani. Suburkan rasa sabar. Sebab blogging is about passion and patience.

Comments

  1. Mbak Susi mantap. Dah mencapai 1jt view kan ya Mbak.
    Saya masih merangkak jauh dari sana. Hahaha.
    Tapi kadang lbh enak post tanpa mikirin itu Mbak.

    Febriyanlukito.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ryan ga mikir PV aja blognya dah rame banget. Gimana kalo mikir PV? Lebih ruame lagi dong.

      Delete
  2. tipsnya boleh dicoba ini. saya juga lagi berusaha konsisten menulis, berusaha menulis sesuatu yang bermanfaat buat pembaca (kali aja ada pembaca hehe). terimakasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, pak guru ini suka merendah.

      Delete
  3. infonya keren.. bertahap ya mak.. setapak demi setapak kita pasti bisaaa :)

    ReplyDelete
  4. Kalau ngomongin PV blog aduh tutup muka deh, malu banget...tapi jadi blogger emang hrs berjuang ya mbak untuk membuat blog kita dikenal banyak orang, tentunya dengan membuat konten yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang. informasinya lengkap banget mudah2an saya bisa menetapkannya step by step...TFS mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih, mbak Yuni nih rendah hati. Blognya bagus gitu lho. Memang blogging itu sama dengan kerjaan lain ya mbak. Butuh perjuangan.

      Delete
  5. Nice posting Mak Diah. Sebagai anak baru harus baca yg kay gini ini aku, biar nambah ilmu plus PV juga ehehe! Tfs ya Mak Diah cantik ;)

    ReplyDelete
  6. Makasih sharenya. Aku g pernah mikirin itu. Tapi tulisan ini menyadarkankuh.

    ReplyDelete
  7. Kalo saya malah ngga terlalu kepikiran masalah PV :D maklum newbie, masih gaptek banget. Paaang widget popular entry aja td nya bingung knp postingan ttg resep masakan yg selalu nangkrinh diatas, pdhl minim komen :D ternyata postingan itu PV nya paling tinggi >.< *duh gapteknya*
    Tapi infonya berguna banget buat si gaptek macem saya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, tuh sudah punya artikel abadi pendulang PV.

      Delete
  8. Istiqamah dalam ngeblog ya mbak, dan happy blogging aja kuncinya hehehe

    ReplyDelete
  9. Blogging itu tentang passion dan patience. Bener sekali mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh dikunjungi mbak Susi. Makasih mbak.

      Delete
  10. Saya tutup muka kalo mbahas soal PV...punya blog sdh hampir 2 tahun, jarang nulis, ga ada yg baca...hehe baru2 ini aja mulai aktif nulis. PV nya juga masih 2ribuan *tutup mukaa.
    TFS ya mak..

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Sama mbaak. Tapi jadi punya impian ya mbak.

      Delete
  12. Bisa dapat pengunjung setia juga pasti akan sangat menyenangkan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Teman itu harta karun tak ternilai.

      Delete
  13. sy sepakat bahwa utk meningktkan PV mestiada trik2 seperti yg diulas diatas. dan sy masih kesulitn meningktkn hal itu... PV sejuta, pasti bisa asal semangat dan konsisten..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas. Konsisten itu penting tapi sulit.

      Delete
  14. sippp....tapi PV ku berapa ya hehe

    ReplyDelete
  15. Duh pengen juga PV bisa tembus 1 juta...siap laksanakan tips-tipsnya mak :)

    ReplyDelete
  16. wah ...masih jauh dari sejuta, read more ini mungkin yg harus kuakalin, makasih yaa infonya

    ReplyDelete
  17. wah keren salam kenal. . . Malah nyepam.
    tipsnya sedang aku coba praktekan kak. terutama yang blogwalking. apalagi kalau blogwalking itu bisa menambah ilmu dan dapat koemntar manfaat wah seneng banget tuh rasanya :D

    ReplyDelete
  18. Sekedar menambahkan, jangan lupa meakukan Fetching di Google Webmaster Tool
    Anda perlu mendaftar dulu
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah yang itu saya belum Pakde. makasih tipsnya.

      Delete
  19. Terimakasih tipsnya.. Aharus dipraktikkan segera...

    Salam
    Www.liza-fathia.com

    ReplyDelete
  20. Kalau ngomongin PV, sama lah kita, kelompok tutup muka. Rendah banget PV saya. di share di grup juga dikit yang singgah, soalnya bukan blogger terkenal sih, jadi nggak menarik kali ya? :D Untungnya ngeblog atas dasar suka. Klo ngejar PV doang, bisa streees.. :D

    Makasih tipsnya mak.. Sangat bermanfaat. Mau coba ah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih, apalagi saya mak. tutup hape.

      Delete
  21. Tengkiu tipsnya mak..semangat semangaaattt :)

    ReplyDelete
  22. makasih tipsnya :) aduuuh, banyak yg harus dilakukan jadinya ya..suka pusing kalo mikirin ini tp perlu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata blogger itu kerjaannya banyak ya mak

      Delete
  23. Alhamdulillah.. tambah ilmu. Makasih Mak atas tips2Y. Siap laksanakan.. semangaat

    ReplyDelete
  24. yang penting konsisten sih ya mak. dan saya sendiri susah buat konsisten...wkwk
    nah, klw artikel evergreen kyanya saya ada beberapa. salah satunya tentang wisata hutan mangrove jakarta.

    semoga tercapai targetnya ya mak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiiin. iya, kalau artikel wisata biasanya rame pas ada libur panjang.

      Delete
  25. Tengkiyu sharingnya mbak, buat aku yang tengah tertatih merangkak, artikel ini sangat bermanfaat. Artikel abadi itu terutama ya :D

    ReplyDelete
  26. harus dipraktekan nih... :) makasih infonya

    ReplyDelete
  27. wahhh makasihh tipsnya mbak Diah, penting banget nih!..

    btw, salam kenal ya mba :)

    ReplyDelete
  28. Kalau saya, biarlah mengalir seperti air. Kalau dipaksakan bisa stress. Ma kasih ya tipsnya.

    Kunjung balik dong, siapa tau ada yang mau dicoba : http://elly-hasilmasakanku.blogspt.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa mengalir dengan deras ya mbak.

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts