KEB

KEB

BPN

BPN

About Me

About Me
Diah is here! Mom of three boys.

Tanda-tanda Ajal

Ajal datangnya tak disangka. Ada yang cepat, ada pula yang lambat. Jika tak diharap datang, disebut cepat datang. Jika sudah diharap datang namun tak kunjung tiba, dikatakan ajal datangnya lambat. Tentu saja ukuran ini menurut manusia. Menurut Alloh tak ada yang tak sesuai jadwal.

Ajal memang dirahasiakan oleh Alloh, namun ada juga tanda-tanda yang diberikan-Nya kepada manusia, antara lain memutihnya rambut dan telah berpulangnya rekan sebaya.

Ada juga tanda ajal yang dapat dikenali manusia sebelum sakaratul maut datang. Berikut dua hal yang biasanya terjadi pada orang sakit yang hendak dijemput malaikat maut:

Gambar dari http://www.darussalaf.or.id/tag/talak/

Kedatangan Tamu
Ayah bos saya dulu sebelum meninggal menderita sakit. Dirawat di rumah sakit cukup lama. Menjelang meninggal dunia, beliau yang saat itu banyak dikunjungi kerabat meminta agar keluarga yang menemani di kamar mempersilakan masuk tamu yang di luar. "Itu ada tamu. Suruh masuk." Padahal tak ada tamu. Pun tamu-tamu itu seperti tak beliau kenal. "Itu siapa? Suruh masuk." Barangkali itu malaikat maut dan rombongannya. Wallohu a'lam.

Minta yang Aneh-aneh
Seorang kerabat saya terkena stroke yang mengakibatkannya harud masuk ICCU. Dua minggu di ICCU keadaannya menurun. Kesadarannya terus menurun namun masih bisa berbicara. Beberapa hari menjelang kematiannya, ia berkata kepada sang suami bahwa ia ingin beli tanah. "Untuk apa?" tanya suaminya dengan penuh kesabaran. "Akan kukapling-kapling," jawabnya. Barangkali itu tanda beliau akan segera butuh sekapling tanah saja untuk mengubur jasadnya. Walloohu a'lam.

Tak ada ajal yang tak datang. Ajal pasti datang. Sudah siapkah kita?

Related Posts

8 komentar

  1. Belum mb. Blm cukup bekal. Masih pengen melihat anak-anak tumbuh,brkembang dan dewasa, hingga jadi "orang". Masih blm bosan memandang Indahnya dunia:-)

    BalasHapus
  2. Saya pribadi blm siap Mbak.
    Kalau dulu pas alm ayah, dia bilang pas di RS kalau dia dah dijemput oleh kakaknya yang belum lama meninggal. Mau jalan2 katanya.

    Ryanfile.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ya mas. Dijemput yang sudah mendahului ya.

      Hapus
  3. entahlah mak, belum siap bekalnya...:( tp saya yakin ia akan datang menjemput..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak ingat kematian menghidupkan hati ya mak.

      Hapus
  4. Siap tidak siap pasti datang. Smga nanti kita termasuk khusnul khotimah, aamiin...

    BalasHapus

Posting Komentar