Ke Puskesmas, Carilah Informasi

Ke Puskesmas kok cari informasi? Bukannya ke Puskesmas untuk berobat? Iya, betul, tapi kalau ke Puskesmas tak berbekal informasi bisa menyusahkan orang lain. Kok bisa?

Ceritanya pagi ini saya bawa anak saya berobat ke Puskesmas berhubung sudah batuk selama satu minggu belum sembuh juga meski sudah berobat ke mantri. Sampai di Puskesmas, ternyata nguantri puol... Ya maklum, hari Sabtu (21/3) kemarin libur, jadi Puskesmas tutup. Akibatnya pasien penuh di hari Senin. Saya datang jam 8.20 saja sudah nomor 49.

Sebagaimana peraturan yang ada, pasien yang datang harus ambil nomor antrian dulu, menunggu dipanggil, mendaftar di loket pendaftaran, antri lagi di klinik, bertemu dokter, antri lagi di loket obat. Nah, untuk pasien baru, diwajibkan bawa KTP atau Kartu Keluarga (bagi yang belum punya KTP). Di sinilah yang kadang bikin kesal.

Sedari tadi saya antri, ada beberapa calon pasien baru yang tidak bawa kelengkapan itu. Sudah sampai di depan ternyata kurang lengkap. Sebagian besar cepat-cepat pulang dan membawa dokumen yang diperlukan lalu kembali lagi dan memperlambat antrian, tapi ada juga yang ngotot bernegosiasi dengan petugas pendaftaran. Walhasil petugas terpaksa menghentikan kerjanya untuk sekedar melayani mereka. Calon pasien yang sedang antri jengkel karenanya.

Sudah ada pemberitahuannya lho

Ada baiknya ketika datang mencari informasi berkas apa yang diperlukan. Bisa dengan bertanya kepada petugas yang bukan di bagian pendaftaran, kepada sesama calon pasien atau dengan melihat papan pengumuman. Biasanya di Puskesmas sudah terpampang prosedur pendaftaran. Kalau ada yang tertinggal segera lengkapi agar tak mengganggu antrian.

Comments

  1. Saya baru tahu sih Mbak kalau perlu bawa KK. Makasih infonya Mbak.

    Ryanfile
    Ryanfile.wordpress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus untuk yang baru, Mas, kalau yang lama cukup pakai kartu berobatnya saja.

      Delete
  2. Baru tau daftar di puskesmas kudu pake KTP & KK Mak. Dulu pernah ke puskesmas cuma buat minta surat keterangan sehat aja. Selebihnya menghindari yg namanya praktek medis karena ga doyan obat hahahaha! Jadi kalo batuk cukup jeruk pecel sama kecap sampe sembuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat keterangan sehat buat ngelamar kerja ya? Hehe... KK/KTP khusus pendaftar baru, Mbak. Kalau yang lama nggak perlu kok. Paling kalau belum ada NIKya disuruh nambahin NIK.

      Delete
  3. Oh, aku ra tlaten mbak ke puskesmas. Antrinya kui.... Tp klo mmg harus ke puskesmas/rsud milih siang sisan ketika "jam strategis" penumpukan pasien dah ilang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. milih siang malah longgar ya bu. etapi dokternya masih ada to.

      Delete
  4. udah lama gak ke puskesmas mbak hehehe
    kalau dulu biasanya cuma minta surat keterangan sehat aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...kalo di Jepang ada puskesmas nggak?

      Delete
  5. Sy jg udah lama ga berobt k puskesmas.ternyata hrs pake ktp dan.KK ya utk yg baru.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts