Hyena vs Antelope

Dulu, waktu pertama kali lihat hewan ini di layar TV, bingung. Ini apa ya? Anjing bukan. Serigala juga bukan. Kucing? Jauh. Sapi? Apalageee...

Ini Hyena namanya. Gambar dari http://animals.nationalgeographic.com/animals/mammals/hyena/

Lama-lama jadi terbiasa dan tidak heran lagi. Terlebih, si hyena ini muncul di film 'The Gods Must Be Crazy' kalau nggak salah. Hyena. Ya. Sekarang sudah tidak asing lagi.

Beda lagi dengan binatang ini.

Antelope. Yang di TV lebih gede dari ini. Gambar dari knowledgepicture.com.

Pertama lihat juga di TV. Sebelumnya pernah juga sih lihat gambar sketnya di buku pelajaran. Tapi sungguh saya bingung. Bokongnya mirip bokong sapi. Tapi mukanya nggak. Mirip kambing juga tidak. Rusa? Mmm..masak sih?

Setelah diberi tahu kalau hewan ini adalah antelope, baru paham. Oooh...ini to antelope itu. Kok beda ya sama yang di buku dulu. Tapi, ya, ya. Paham.

Kedua kasus tadi berakhir sama: paham, mudeng, dong, tahu, ngerti. Tapi cara keduanya menuju ke 'paham' berbeda. Yang pertama paham karena terbiasa. Yang kedua paham karena mencocokkan informasi yang pernah didapat sebelumnya.

Bahayanya dari kasus penemuan kepahaman akan hyena lebih besar daripada kasus antelope. Mengapa? Karena pada kasus hyena, kepahaman didapat setelah terbiasa melihat. Kalau yang terbiasa dilihat cuma hyena, tidak masalah. Bagaimana kalau yang dilihat adalah kekufuran? Keburukan? Kejahatan? Kebejatan?

Ah, jangan sampai saya terbiasa melihat keburukan lalu menganggapnya biasa. Saya lebih suka paham sesuatu karena sudah punya rujukan tentangnya sebelumnya. Dan rujukan itu adalah agama.

Comments

  1. Aduh....tak pikir dari judul dan gambare....isine model national geograpic gitu....njelaske antelop and hiena, wong penulisnya alumni peternakan. Lah...ternyata endinge berat.....

    ReplyDelete
  2. Sulis: hahaha...nggak level aku nyaingi natgeo bu. yg santai tapi berat aja. hihihi...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts