Kiat Sholat Saat Punya Batita atau Bayi

Saat punya batita atau bayi, kadangkala kewajiban sholat menjadi lebih berat. Batita, apalagi bayi, sering punya keinginan dan kegiatan mendadak yang muncul saat si ibu sudah bersiap untuk sholat. Ya pipis, BAB, minta ini-itu, menangis dan sebagainya.
Lalu bagaimana agar sholat terasa mudah saat punya batita atau bayi?
Pertama, siapkan tempat khusus untuk sholat. Bisa berupa ruangan khusus yang steril dari jamahan si kecil ataupun sekedar pojokan di ruangan. Yang penting aman dari kemungkinan terkena najis.
Kedua, siapkan pakaian khusus. Setiap akan sholat, gantilah pakaian dengan pakaian khusus ini sehingga aman dari rasa was-was terkena najis, barulah pakai mukena atau sarung.
Ketiga, siapkan dan sibukkan anak. Sebelum sholat, ajak si kecil buang air. Kalau perlu buatkan susu atau berikan mainan kesukaannya, lalu 'pamit'lah kepadanya. Katakan bahwa "Ibu akan sholat. Adek diam di sini dulu, ya." atau yang sejenisnya.
Gambar dari anneahira
Keempat, segera sholat begitu masuk waktunya. Makin rutin ibu sholat di awal waktu, makin mudah si kecil menghafal kebiasaan ibu. Bisa jadi malah si kecil akan 'bersiap' lebih dulu begitu terdengar adzan.
Demikian kiat sholat saat punya batita atau bayi. Punya batita atau bayi tidak boleh menghambat kita dalam beribadah. Bahkan jika konsisten, bisa jadi sholat saat punya batita atau bayi malah menjadi lebih tertib dan tepat waktu.

Comments

  1. Kalau anak saya, kadang suka ganggu kalau saya lagi shalat :p Namanya juga anak kecil ya, mau marah juga gimana, mereka belum terlalu ngerti :)

    ReplyDelete
  2. iya mak. sama. ga bisa marah. paling2 stlh itu diberi tahu.

    ReplyDelete
  3. kadang selagi sholat ganggu gendong2 gelandotan di kaki atau punggung bikin susah sujud ..hahaha

    ReplyDelete
  4. anak gw seneng banget narikin sarung gw pas gw lagi sholat.
    katanya "ayah.. main yuk"

    ReplyDelete
  5. bermanfaat kalo ntar aku dah punya anak :D :D

    ReplyDelete
  6. mbak Putri Devina: hehe...iya mbak. dulu mlh saya dipk mainan sama dua anak saya

    mas Yandhi: hehe...tp jgn dijawab "iya, tp tar ya selesai ayah sholat". batal deh sholatnya.

    mbak Lupa Nama: sama2 mbak. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. wah bermanfaat banget neh mak saran dan tipsnya ;)

    ReplyDelete
  8. kalau aku anak dua2nya selalu diam saat aku solat jadi aku beruntung. akhirnya ya suka ikut2in gerakan aku

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts