Yang Adem di SMA 3 Yogyakarta

Apa yang terlintas saat mendengar kata SMA? Sweet 17? Guru killer? Kalau saya ingat keteduhan halaman tengah SMA 3 Yogyakarta, tempat saya jungkir balik di dalamnya.
SMA 3 Yogyakarta ini terletak di Jalan Yos Sudarso nomor 7, Kotabaru. Sebetulnya SMA 3 Yogyakarta ini dilingkari tiga jalan, namun karena posisi pintu gerbang aslinya ada di Jalan Yos Sudarso, maka jalan itulah yang resmi menandai letak SMA yang berdiri sejak 19 September 1942 ini.

Saya menjadi penghuni sekolah favorit ini dari tahun 1992-1995 (angkatan ke-50). Menjadi seorang murid di tengah ratusan siswa kelas 1 yang mencapai tujuh kelas memang tidak mudah. Jujur, masa SMA bukanlah masa keemasan bagi saya. Lha bagaimana, wong saya di kelas satu menduduki rangking ke-37 dari 39 siswa! Untungnya SMA 3 Yogyakarta ini punya banyak pohon peneduh yang sejuk, jadi saat kepala panas masih ada pendinginnya.

Upacara Bendera Tanpa Terik Mentari
Ini upacara di halaman sekolah!

Hmmm...adem kan? Banyak pohon dan rapi berconblok.
Gambar dari padmanaba.or.id/padmanaba-rumah-kedua/

Ada pohon bodi. Dilarang pacaran!
Gambar dari cahyanugraha.wordpress.com/2010/12/28/iptek-berdampak-pada-suhu-di-sma-3-jogjakarta-padmanaba.

Sedikiiiit lagi ke kanan kelas saya (2-A2) bakal kelihatan.
Gambar dari padmanaba.or.id/padmanaba-rumah-kedua/.

Meski adem bukan berarti upacara benderanya selalu khusyuk lho ya. Pernah ada kejadian seorang siswa uji nyali memanjat pohon waktu upacara. Walhasil dia pun disetrap. Tapi mungkin karena niatnya ingin ngetop, jadi ya biasa saja.
Pernah juga kami satu angkatan dihukum baris-berbaris mengelilingi sekolah beberapa putaran (lewat jalan raya) gara-gara ribut saat upacara. Panas, berkeringat, capek, sebal jadinya. Padahal lapangannya sudah adem kok ya kebanyakan protes. Itulah akibatnya!
Di halaman sekolah ini juga ada kolam teratai tempat bunga teratai tumbuh (ya iya lah!). Teratai adalah lambang SMA 3 Yogyakarta, padmanaba.or.id/teratai-merah-sang-padmanaba. Kolam ini menjadi tempat wajib kunjung saat malam penobatan (halah...) di hari terakhir ospek. Entah dari mana datangnya ide ini yang jelas saya tidak menganggap teratai di kolam itu keramat.


Kolam teratai pasca guyuran abu Kelud.
Gambar dari mobile.twitter.com/padmanaba/status/434326814618435584?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9558894237


Kelas-kelas Adem Nan Asyik
SMA 3 Yogyakarta ini luas. Ada dua puluhan ruang kelas yang berukuran besar dan berlangit-langit tinggi (kecuali barisan kelas baru di sisi Timur). Maklum, bangunannya sisa peninggalan Belanda, jendelanya saja lebih tinggi dari orang. Jendela tinggi ini pula yang kadang menjadi pintu masuk dan keluarnya murid-murid bandel.
Ada juga kelas dengan tempat duduk bertingkat. Berasa di gedung bioskop. Barisan belakang biasanya menjadi surga para tukang ngantuk. Sayangnya saya belum pernah dapat kelas yang seperti itu.
Tapi pernah juga saya dapat kelas spesial. Kelas 2-A2 ( Biologi) berada di pojokan dekat laboratorium kimia dan ruang komputer. Ada ruang berkaca dan bercerobong untuk buang gas di bagian belakangnya. Konon dulunya itu adalah laboratorium kimia. Kelas 2-A2 ini di sebagian lantainya juga seperti berongga. Kalau diinjak berbunyi "dung, dung", jadi murid-murid berspekulasi adanya ruang bawah tanah. Horor!

Parkiran
Tempat parkir SMA 3 Yogyakarta juga luas. Membentuk huruf L dari sisi Timur hingga sisi Utara. Di pojokan parkiran ada pohon besar. Di parkiran Utara pun juga ada pohonnya.
Sip kan? Gambar dari cahyanugraha.wordpress.com/2010/12/28/iptek-berdampak-pada-suhu-di-sma-3-jogjakarta-padmanaba/

Di parkiran ini pula saya dan sahabat saya, Rosa, pernah ketakutan setengah mati gara-gara ada ulat bulu nempel di dalam helm Rosa. Entah oknum iseng mana yang menaruh ulat itu, sungguh saya tak habis pikir, apa salah kami?
#
Selain adem halaman dan ruang kelasnya, SMA 3 Yogyakarta ini juga luas dan komplit. Bagaimana tidak? Di sana ada lapangan luas yang biasa dipakai untuk sepak bola, lapangan basket, lapangan volly, bangsal senam dan ruang serba guna yang bisa dipakai untuk latihan menari dan pertemuan orang tua/wali. Ada juga laboratorium biologi, fisika, kimia, bahasa dan komputer. Tak lupa ada juga musholla dua lantai menanti dikunjungi, juga satu blok kantin. Lengkap sekali, deh.

Sebetulnya banyak yang bisa dikisahkan dari SMA 3 Yogyakarta. Bukan cuma ademnya, tapi juga berjuta prestasi akademik dan kegiatan ekstra kurikulernya yang terkenal.

Barangkali hanya satu yang saya 'sesalkan' dari SMA 3 Yogyakarta, yaitu tak adanya jurusan bahasa, padahal saya berminat ke jurusan itu. Kenapa bisa tak ada? Ini berkaitan dengan sejarah pendiriannya di masa penjajahan Belanda dulu yang memang memfokuskan diri pada bidang teknik.

Bagi saya gedung sekolah yang ideal adalah yang mengakomodasi kebutuhan penghuninya selama mereka berada di sana. Bukan cuma ruangnya saja, tapi juga aspek alamnya. Gedung tanpa pepohonan bagaikan padang pasir yang panas dan gersang. Meski sudah dipasangi AC, tetap saja kesejukan pepohonan tak tergantikan.

Saat ini saya tak tahu persis kondisi halaman tengah SMA 3 Yogyakarta, namun saya berharap pohon-pohon masih diizinkan hidup di sana.

Comments

  1. kalo lapangan upacaranya adem begitu, bakalan betah disitu hehe

    ReplyDelete
  2. aduhhh...jangan ampe betah maak...nggak lulus2 nanti. hihi

    ReplyDelete
  3. wah, sekolahnya keren banget ya Mak.. adem.. pohonnya gedhe-gedhe.. asyik lagi, peninggalan Belanda.. pasti banyak cerita seru atau horor di sana. hihihi...

    ReplyDelete
  4. iya mak. ada tuh cerita separo horor di sini. damarojat.blogspot.nl/2014/09/mengejar-noni.html?m=1

    ReplyDelete
  5. Mba, youtube Mommylicious bisa ditelusur dan dicopas ulang banernya biar muncul videonya. Terimakasih partisipasinya.

    ReplyDelete
  6. salam kenal dari SMA sebelah, mak.. yang "culun-culun" anaknya alias SMA 1 yk. hehe..

    ReplyDelete
  7. Waaaahhh..Mbak anak SMA 3 Jogja? Dulu anaknya ibu kosku di Kebumen SMAnya disitu. Anaknya pinter, ngganteng barang. Aku kan jadinya ngefans. Tapi apalah dayaku, cuma anak kos *baper pagi-pagi XD

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts