Teman Ke Kamar Kecil

Teman ke kamar kecil, perlukah? Tergantung situasi. Jika kamar kecil di dalam rumah dan aman, tentu tak butuh teman, tapi jika kamar kecilnya di luar rumah atau di tempat umum atau di tempat yang tak aman, teman ke kamar kecil jelas diperlukan.

Gambar dari www.solopos.com/2013/08/21/kisah-unik-di-china-kencing-tak-lurus-warga-didenda-rp170-000-439997

Terkuaknya kasus pelecehan seksual di TK JIS yang dilakukan di kamar kecil jelas menimbulkan keresahan. Orang tua menjadi khawatir, guru pun demikian. Anak-anak yang sudah mengerti pun kemungkinan merasa tak aman saat ke kamar kecil. Di sekolah, rasanya perlu sekali adanya kebijakan membawa teman ke kamar kecil. Tentunya si teman tidak ikut masuk kamar kecil, hanya ikut mengantar hingga ke depan pintu kamar kecil. Guru dapat menyarankan anak yang minta izin ke kamar kecil untuk ditemani setidaknya seorang teman, jika bisa dua orang teman lebih baik.

Pengalaman saya saat masih di SD dulu, kamar kecil sekolah berada di belakang barisan kelas. Kebetulan kamar kecil itu juga merupakan kamar kecil bersama dua SD dan berbatasan langsung dengan sebuah SMA yang belum diberi pagar pembatas. Ke kamar kecil di kala itu cukup 'menyeramkan' karena kadang ada anak nakal yang mengganggu, baik secara verbal maupun betul-betul berusaha mengganggu dengan berdiri di depan pintu kamar kecil. Membawa teman saat ke kamar kecil menjadi kebutuhan tersendiri.

Saat di bangku SMA pun saya menemukan fenomena murid perempuan ke kamar kecil berombongan. Kadang dua atau tiga orang. Sayangnya yang seperti ini sering dipersulit oleh guru. Ke kamar kecil berombongan dianggap mengganggu pelajaran dan menurunkan kewibawaan guru.

Bukan hanya di sekolah. Di tempat umum pun kamar kecil kadang menjadi tempat yang jauh dari rasa aman. Di pertokoan, terminal, di tempat wisata misalnya. Kejahatan bisa terjadi juga di tempat-tempat itu. Teman ke kamar kecil pun dibutuhkan untuk mengantisipasi kejahatan.

Pada intinya, di saat dan tempat yang dirasa tak aman, teman ke kamar kecil diperlukan. Tempat ramai belum tentu aman. Yang jelas, tempat yang dirasakan asing atau aneh biasanya menunjukkan sinyal ketidakamanan. Meski kemudian tidak terbukti tidak aman, membawa teman ke kamar kecil tidak ada salahnya.

Comments

  1. kalo aman,jauh dan sendiri juga mau tp kalo dah aneh dan sepi,cari teman,suruh nunggu depan pintu pula heheeh

    ReplyDelete
  2. he eh mak. kl aneh mendingan cari yg lain. ada jg lho kmr kecil di dlm rumah tp ga aman krn pintunya rusak. hihihi...

    ReplyDelete
  3. Betul mbak... apalagi saat di tempat yg asing, teman ke kamar kecil kadang diperlukan...

    ReplyDelete
  4. biasanya kalo... Pintu kamar kecil kuncinya rusak... Biasanya bawa teman, buat jaga pintu...he2, abis tu gantian deh....

    ReplyDelete
  5. utk menjaga keamanan ya mbak. apalg kaum perempuan.

    ReplyDelete
  6. pintu kmr kecil rusak tuh sdh kyk langganan ya mbak Novi. jd sering heran deh, niatnya bikin pintu ini gimn to?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts