Kelenjar Mammae

Entah hasil nonton iklan apa, yang jelas minggu-minggu ini dua anak laki-laki saya (4 dan 5 tahun) sering berkata "Oleee..." saat sedang bertelanjang dada setelah mandi, sambil merentangkan kedua tangan, lalu tertawa. Saat saya tanya itu apa, sulung saya menjawab ia melihatnya di TV UHF nomer 3. Maksudnya saluran TV nasional yang nomor channelnya 3 di rumah. Kami memang jarang nonton TV nasional sebab kami menonton TV berlangganan. Antenna UHF dipasang hanya demi suami saya bisa nonton siaran sepak bola. Kalau disebut kecolongan, ya, saya kecolongan sampai anak-anak bisa lihat iklan.

Bukan hanya sampai di "oleee..." tadi, anak-anak saya bertanya tentang buah dada mereka (meski laki-laki punya buah dada, kan, ya). "Ini apa, Bu?". Bingung juga saya menjawabnya. Akhirnya saya jawab, "Itu kelenjar mammae". "Untuk apa, Bu? Apa nanti kalau aku dewasa jadi besar?". Waduh. Rupanya dia tahu bahwa perempuan juga punya kelenjar mammae dan membesar saat perempuan dewasa. Sex education has to start now.

Untuk apa? Mmm...

"Untuk hiasan, Mas", akhirnya itu jawaban saya. "Tahu jengger, kan?". Sulung saya manggut-manggut setelah saya jelaskan apa itu jengger. "Jengger itu untuk hiasan. Menandakan hewan itu unggas. Selain unggas nggak ada yang punya jengger, kan? Nah, kelenjar mammae juga begitu. Dia itu menandakan bahwa kita mammalia" (sebelumnya anak-anak saya sudah tahu artinya mammalia).

Gambar dari sini

"Tapi apa nanti bisa jadi besar?", kejar si sulung. "Nggak, Mas. Jengger itu juga nggak jadi besar, kan?".

Alhamdulillaah, sulung saya bisa menerima penjelasan saya. Sungguh saya belum bisa menjelaskan fungsi sebenarnya, tapi semoga penjelasan saya itu bisa menjauhkan anak-anak saya dari coba-coba sentuh mereka. Meski badan mereka sendiri, saya pikir ada hal-hal yang harus mereka tunda, hingga tiba saatnya nanti.

Comments

  1. terangkan dengan bahasa simpel yang mereka paham. Seperti saya pernah lakukan saat tanya alat kelaminnya...yaa kakak bersyukur Allah maha baik memberikan anugerah buat pipis dik (sambil nunjuk yang dimaksut). Akhirnya pun dia manggut2,Salam sukses selalu ya mbaa...

    ReplyDelete
  2. kelenjar mamae? baru tahu saya namanya hehe..

    ReplyDelete
  3. Aduh mak..saya juga suka bingung Kalo anak2 bertanya Hal yg mengarah ke sex education...

    ReplyDelete
  4. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat sekali

    Kunjungi usaha burung puyuh kami di sini ya
    Jual Burung Puyuh di Bandung

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts