Magic Book

Punya anak usia pra-sekolah itu menyenangkan, sebab bahan belajarnya adalah mainannya! Seperti yang ini: Magic Book Pintar Matematika terbitan Wahyu Media.

Lucu

Buku ini mengenalkan penjumlahan dan pengurangan untuk anak usia 3-5 tahun. Selain lucu, buku ini aman sebab ujung-ujungnya tumpul mengikuti bentuk kepala si harimau. Buku ini pun hemat sebab kertasnya tebal dan kuat sehingga tak mudah sobek dan halamannya licin. Untuk apa licin? Supaya bisa ditulisi dengan spidol nonpermanen yang disediakan sebagai bonus di dalam kemasannya dan bisa dihapus, ditulisi lagi, dihapus lagi dan seterusnya. Sayangnya saat kami beli buku ini, spidolnya sudah kering - ya mungkin masalah teknis saja - jadi diganti dengan spidol nonpermanen lainnya. Tak apalah.

Di halaman 1-4, anak-anak diajak mengenal angka 1-20. Kemudian di halaman-halaman selanjutnya anak-anak diajak menghitung jumlah benda dan menghubungkannya dengan bilangan yang tepat.

Mulai halaman 10 anak-anak diajak belajar menghitung. Ada penambahan dan pengurangan. Tentu saja dengan aneka gambar menarik dan berwarna cerah.

Ada pula selingan mengisi angka yang hilang pada jam dan pada gambar jagung dot-to-dot. Di halaman terakhir, halaman 26, barulah anak diajak berhitung 'betulan' alias dengan notasi bilangan saja tanpa menghitung gambar.

Anak saya yang berusia hampir 4 tahun sangat menikmati buku ini. Meski belum paham betul, tapi yang penting adalah ia tertarik belajar dengan buku.

Yang kurang pas di buku ini menurut saya adalah adanya tampilan gambar benda yang kurang akrab dengan anak-anak, seperti gambar cutter dan rautan di halaman 18 serta di halaman 23. Cutter, jelas bukan mainan anak-anak, sedangkan gambar rautannya kurang jelas. Kemudian penjumlahan dengan angka-angka 'besar', yaitu di atas 10, cukup menyulitkan, terutama bagi anak saya.

Selebihnya, buku ini asyik dipakai belajar anak. Belajar sambil bermain tentunya.

Comments

Popular Posts