Enaknya Ikut Giveaway Itu Adalah...


Asyiknya

Giveaway. Tentu para blogger sudah akrab dengan frase ini. Giveaway adalah sebuah perlombaan yang diselenggarakan oleh blogger dengan peserta blogger lain. Giveaway bisa diadakan oleh si empunya hajat dalam rangka memperingati momentum tertentu. Bentuk giveaway pun beragam. Ada yang berupa lomba menulis dengan tema tertentu, lomba foto, lomba komentar terkreatif, resensi buku hingga pasang banner saja.

Syaratnya pun bermacam-macam. Ada yang mudah, ada pula yang mengharuskan peserta melakukan ini dan itu, seperti pasang banner, pasang minimal sekian link

Lalu, apa manfaat ikut giveaway? Banyak. Yang paling utama adalah tulisan kita jadi berpeluang dibaca banyak orang dan blogger menjadi makin akrab satu sama lain.

Nah, saya pribadi paling suka ikut giveaway kalau:

Dikunjungi Empunya Gawe
Tentu saja sang empunya gawe selalu membaca setiap tulisan yang diikutkan. Lalu, apa dong buktinya kalau yang punya hajat berkunjung? Meninggalkan jejak di kolom komentar tentunya. Rasanya seperti saya datang ke sebuah pesta lalu sang empunya gawe menyambut saya dengan ramah dan menyalami saya. Walau hanya berterima kasih saja saya sudah senang. Kebayang kan kalau yang terjadi sebaliknya?

Ramahnya

Dibuatkan Daftar Peserta
Kalau ini ibaratnya datang ke pesta pernikahan lalu tamu diminta ngisi buku tamu, lalu para tamu dipanggil nama masing-masing, diminta berfoto bareng pengantin di panggung. Jadi, semua tamu akan tahu hadirnya si A, si B dan si C di acara itu sehingga terjalinlah silaturahmi. Ya, sebagai blogger, apalagi sih yang diidamkan kalau bukan tulisan kita dibaca banyak orang?

Terdaftar

Direspon Balik di Media Sosial
Oh, ini menyenangkan sekali! Ada kan ya, GA yang mewajibkan atau menghimbau peserta untuk sharing info GA atau url di sosial media? Senaaang sekali rasanya kalau tweet kita di-RT, status kita di facebook dishare oleh si empunya gawe. Betul apa benar?

Sebar-sebar

Diumumkan Sesuai Jadwal
Apa pun yang terjadi, kalau pengumuman giveaway tepat waktu pasti rasanya lega. Menang atau tidak tetap terasa tenang. Rasa hormat kita kepada si empunya gawe pun meningkat. Profesional, gitu.

Lega

Ada Kepastian Penerimaan Hadiah
Nah, ini yang paling ditunggu. Paliiing senang kalau menang GA lalu hadiahnya segera diterima. Iya, lah. Apa lagi yang diharapkan selain ini?

Alhamdulillaah

Di atas semua itu, yang paling menyenangkan dari ikut giveaway adalah berkesempatan menulis sesuai topik yang disediakan, yang kadangkala unik, memerlukan bahan referensi yang menggigit dan jauh dari zona nyaman kita. Sungguh suatu tantangan yang menyenangkan. Setuju?

Catatan: Tulisan ini tidak sedang diikutsertakan dalam giveaway mana pun!

Comments

  1. bener bangettt..g ketulungan kalo memng GA ya mbk hehe

    ReplyDelete
  2. mbak Santi: iya mbak. pingin deh. insya Alloh kl ada rejeki lebih.

    ReplyDelete
  3. Sama seperti Mbak Santi Dewi. *menunggu*

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Sila berkomentar dengan baik dan sopan. Mohon maaf, segala komentar spam, yang berisi link hidup atau yang menyebabkan broken link serta komentar yang mencantumkan identitas tidak jelas akan dihapus.

Popular Posts